Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial

Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial – Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan sebagai lalapan. Selain buahnya yang dapat dijadikan lalapan, daun yang masih muda juga dapat dijadikan sebagai lalapan pula ataupun dapat juga diolah menjadi bakwan daun labu siam, sayur daun labu siam atau pun juga dapat dibuat menajdi keripik daun labu siam. Labu siam memiliki tekstur yang sangat lembut apalagi kalau dikukus sampai matang. Menikmati kukus labu siam sangat nikmat dengan sambal kacang atau dengan sambal lainnya yang Anda suka. Selain dapat dijadikan sebagai lalapan, labu siam juga dapat dijadikan berbagai jenis masakan seperti sayur labu siam, lotek (sayuran matang yang dicmpur dengan bumbu kacang), labu siam santan, tumis labu siam dan berbagai jenis masakan nikmat yang lainnya.

Advertisement

Untuk mengolah labu siam dapat menggunakan labu siam yang masih muda ataupun yang sudah tua. Untuk labu siam yang masih muda, Anda tidak perlu mengupas bagian kulitnya karena bagian kulitnya masih lembut. Sementara untuk labu siam yang sudah tua memiliki rasa yang lembih pulen dan dan harus dikupas terlebih dahulu bagian kulitnya. Untuk bijinya dapat dimasak karena rasanya sangat nikmat. Sebelum Anda mengolah labu siam. Ketika labu telah diiris baiknya direndam terlebih dahulu menggunakan air bersih agar getahnya hilang. Karena jenis sayuran ini getahnya lumayan bayak terlebih lagi jika baru diambil dari rantingnya.

Memasak labu siam biasanya dipadukan dengan beberapa bahan lainnya seperti, tempe, cabai hijau besar, tahu, ebi ataupun udang segar, daging ayam dan yang lainnya. Yang harus diperhatikan ketika memasak labu siam adalah. Jenis sayuran ini sangat cepat matang dan empuk. Jadi waktu dan cara mengolahnya harus tepat. Jika tidak, maka hasilnya akan kurang enak dan kurang nikmat.

Baca juga: Resep Membuat Rendang Daging Sapi Khas Padang

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan “Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial”. Cara membuat menu yang satu ini sangat mudah serta bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan juga sederhana dan mudah untuk didapat. Anda dapat menjdikan “Labu siam santan spesial” sebagai salah satu menu favorit Anda dan keluarga. Menu yang lezat dan bergizi ini akan membuat suami dan anak Anda betah dirumah dan tidak akan makan ke luar. Menyantap labu siam santan sangat nikmat ketika masih hangat apalagi kalau diberikan sedikit rasa pedas akan menambah kenikmatan tersendiri. Berikut adalah “Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial”. Selamat menyimak!

Bahan:

  • Labu siam muda ukuran sedang (2 buah) potong korek api
  • Tempe (1/2) papan potong korek api, goreng setengah matang
  • Tahu kuning (3 biji) potong dadu, goreng setengah matang
  • Udang (1/4 kg) kupas dan buang kepalanya, goreng setengah matang
  • Santan kemasan (1 bungkus)
  • Daun salam (2 lembar)
  • Lengkuas (2 cm) kupas dan geprek
  • Lada bubuk (1 sdt)
  • Air (2 gelas)
  • Minyak goreng (2 sdm) untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • Bawang putih (7 siung)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Cabai merah besar (1 buah)
  • Cabai rawit merah (2 buah)
  • Garam (1 sdm)
  • Gula pasir (1/2 sdm), dapat juga menggunakan gula merah

Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial:

  1. Potong korek api labu siam kemudian rendam dengan air bersih agar getahnya hilang selama 5 sampai dengan 9 menit. Cuci kembali labu yang telah direndam agar lebih bersih.
  2. Goreng tahu dan tempe sampai setengah matang kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Kupas udang kemudian buang kepalanya (di kepala udang terdapat kotoran) dan cuci sampai bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 5 sampai dengan 10 menit. Goreng udang dengan minyak bekas goreng tempe sampai setengah matang kemudian angkat dan sisihkan.
  4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama lengkuas yang dimemarkan sampai wangi. Tambahkan daun salam lalu aduk sebentar dan biarkan sampai daun salamnya layu.
  5. Masukkan tempe, tahu, dan udang yang telah digoreng setengah matang sebelumnya. Aduk-aduk sampai semua bumbu merata. Tambahkan labu siam kemudian aduk perlahan dan biarkan sampai labunya layu. Tambahkan air dan masak sampai airnya mendidih dengan menggunakan api sedang.
  6. Tambahkan santan, lada bubuk dan bumbu lainnya. Aduk perlahan dan biarkan sampai santannya mendidih dan meresap ke semua bahan.
  7. Cek rasa dan jika sudah pas matika api kemudian angkat.
  8. Siapkan mangkuk atau piring saji kemudian tuangkan “Labu Siam Santan Spesial” selagi hangat.
  9. “Labu Siam Santan Spesial” siap disajikan.

Baca juga: Resep Membuat Telur Dadar Padang, Tebal dan Nikmat

Bagaimana?, Mudah kan “Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial” nya. Labu siam santan spesial sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat yang ditemani ikan asin yang garing dan segelah teh hangat. Anda juga dapat menambahkan cabai merah atau cabai rawitnya jika memang suka dengan selera pedas. Jika Anda tidak menyukai udang dapat menghilangkan bahan yang satu ini dan hanya tempe dan tahu sebagai tambahannya. Untuk kuahnya Anda juga dapat menyesuaikannya dengan selera masing-masing. Sajikan “Labu Siam Santan Spesial” untuk keluarga Anda. Demikianlah penjelasan artikel “Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial”. Semoga artikel “Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial” dapat memberikan informasi dan inspirasi untuk resep masak Anda semuanya. Selamat mencoba resepnya dan semoga berhasil!

Resep lainnya:

Incoming search terms:

  • caramemasaklabusiam
Resep dan Cara Memasak Labu Siam Santan Spesial | Herman Fatih | 4.5